Table of Contents

Pengertian dan Sejarah Spektrofotometri Serapan Atom (SSA)

Pengertian SSA

Spektrometri merupakan suatu metode analisis kuantitatif yang pengukurannya berdasarkan banyaknya radiasi yang dihasilkan atau yang diserap oleh spesi atom atau molekul analit. Salah satu bagian dari spektrometri ialah Spektrometri Serapan Atom (SSA), merupakan metode analisis unsur secara kuantitatif yang pengukurannya berdasarkan penyerapan cahaya dengan panjang gelombang tertentu oleh atom logam dalam keadaan bebas (Skoog et. al., 2000).

SSA merupakan alat yang digunakan untuk mengukur kandungan unsur logam atau semi logam secara langsung dalam larutan atau padatan yang dilarutkan terlebih dahulu. Penggunaan alat ini tidak sembarangan, butuh keahlian khusus dan pemahaman kimia untuk mengolah data hasil pengukuran. Oleh karena itu, metode SSA penting dipelajari untuk meneliti kandungan zat yang belum diketahui sehingga dapat diperoleh manfaat yang berguna bagi manusia.

Spektrometri Serapan Atom (SSA) dalam kimia analitik dapat diartikan sebagai suatu teknik untuk menentukan konsentrasi unsur logam tertentu dalam suatu cuplikan. Teknik pengukuran ini dapat digunakan untuk menganalisis konsentrasi lebih dari 62 jenis unsur logam.

Sejarah SSA

Sejarah SSA berkaitan erat dengan observasi sinar matahari. Pada tahun 1802 Wollaston menemukan garis hitam pada spektrum cahaya matahari yang kemudian diselidiki lebih lanjut oleh Fraunhofer pada tahun 1820. Brewster mengemukakan pandangan bahwa garis Fraunhofer ini diakibatkan oleh proses absorpsi pada atmosfer matahari. Prinsip absorpsi ini kemudian mendasari Kirchhoff dan Bunsen untuk melakukan penelitian yang sistematis mengenai spektrum dari logam alkali dan alkali tanah. Kemudian Planck mengemukakan hukum kuantum dari absorpsi dan emisi suatu cahaya. Menurutnya, suatu atom hanya akan menyerap cahaya dengan panjang gelombang tertentu (frekuensi), atau dengan kata lain ia hanya akan mengambil dan melepas suatu jumlah energi tertentu, (ε = hv = hc/λ). Kelahiran SSA sendiri pada tahun 1955, ketika publikasi yang ditulis oleh Walsh dan Alkemade & Milatz muncul. Dalam publikasi ini SSA direkomendasikan sebagai metode analisis yang dapat diaplikasikan secara umum (Weltz, 1976).

Apabila cahaya dengan panjang gelombang tertentu dilewatkan pada suatu sel yang mengandung atom-atom bebas yang bersangkutan maka sebagian cahaya tersebut akan diserap dan intensitas penyerapan akan berbanding lurus dengan banyaknya atom bebas logam yang berada dalam sel. Hubungan antara absorbansi dengan konsentrasi diturunkan dari:

  1. Hukum Lambert: Bila suatu sumber sinar monokromatik melewati medium transparan, maka intensitas sinar yang diteruskan berkurang dengan bertambahnya ketebalan medium yang mengabsorpsi.
  2. Hukum Beer: Intensitas sinar yang diteruskan berkurang secara eksponensial dengan bertambahnya konsentrasi spesi yang menyerap sinar tersebut. (Day & Underwood, 1989).

Baca Artikel Lainnya

Komoditi Ekspor Indonesia: Dari Rempah-Rempah hingga Gas Alam

Indonesia memiliki beragam komoditi yang menjadi andalan dalam ekspor, mulai dari komoditi pertanian seperti kopi dan kakao, hingga sumber daya alam seperti minyak dan gas. Keberagaman ini menjadi kekuatan tersendiri

Keamanan, Keselamatan, Dan Kesehatan Kerja Laboratorium Pendidikan

Keselamatan dan keamanan kerja difilosofikan sebagai suatu pemikiran dan upaya untuk menjamin keutuhan dan kesempurnaan baik jasmani maupun rohani tenaga kerja pada khususnya dan manusia pada umumnya, hasil karya dan

Pengertian, Prinsip Dasar, Komponen-Komponen dan Cara Kalibrasi pH Meter

Pengertian dan Prinsip Dasar pH Meter Instrumen pH meter adalah peralatan laboratorium yang digunakan untuk menentukan pH atau tingkat keasaman dari suatu sistem larutan. (Beran, 1996). Pada prinsipnya pengukuran suatu

5 Tujuan Destinasi Negara Terbaik untuk Merayakan Hari Valentine Bersama Pasangan

Hari Valentine atau Hari Kasih Sayang adalah hari khusus yang dirayakan setiap tanggal 14 Februari, yang dimana pada hari tersebut menunjukkan cinta dan kasih sayang kepada pasangan, keluarga, dan teman.

Laporan Kimia Organik: Identifikasi dan Reaktivitas Alkohol, Fenol, dan Eter

TUJUAN Memahami perbedaan sifat anatara alkohol dan eter Memahami perbedaan sifat antara alkohol primer, sekunder, dan tersier Memahami perbedaan reaksi antara alkohol dan fenol LANDASAN TEORI Alkohol merupakan senyawa turunan

Skenario Pembelajaran: Langkah-Langkah Membuat Skenario & Implementasi Skenario Pada Pembelajaran Kimia

Pengertian Skenario Pembelajaran Skenario pembelajaran merupakan urutan kegiatan yang disusun oleh seseorang guru agar suatu pembelajaran terjadi sesuai dengan yang diinginkan. Skenario pembelajaran berisi tentang: a. Kegiatan Pendahuluan Kegiatan pendahuluan