Table of Contents

Langkah-Langkah Penyusunan Silabus dan Sistem Penilaian

Identifikasi

Pada setiap silabus perlu identifikasi yang meliputi identitas sekolah, identitas mata pelajaran, kelas/program, dan semester.

Pengurutan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar.

Standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran dirumuskan berdasarkan struktur keilmuan dan tuntutan kompetensi lulusan. Selanjutnya standar kompetensi dan kompetensi dasar diurutkan dan disebarkan secara sistemik. Sesuai dengan kewenangannya, Depdiknas telah merumuskan standar kompetensi dan kompetensi dasar untuk setiap mata pelajaran.

Penentuan Materi Pokok dan Uraian Materi Pokok

Materi pokok dan uraian materi pokok adalah butir-butir bahan pelajaran  yang  dibutuhkan  peserta  didik  untuk  mencapai  suatu kompetensi dasar. Pengurutan materi pokok dapat menggunakan pendekatan prosedural, hirarkis, konkret ke abstrak, dan pendekatan tematik. Prinsip yang perlu diperhatikan dalam menentukan materi pokok dan uraian pokok adalah: a) prinsip relevansi, yaitu adanya kesesuaian  antara  materi  pokok dengan  kompetensi  dasar  yang ingin dicapai; b) prinsip konsistensi, yaitu adanya keajegan antara materi pokok dengan kompetensi dasar dan standar kompetensi; dan c) prinsip adekuasi, yaitu adanya kecukupan materi pelajaran yang diberikan untuk mencapai kompetensi dasar yang telah ditentukan. Materi pokok ini pun telah ditentukan oleh Depdiknas.

Pemilihan Pengalaman Belajar

Proses pencapaian kompetensi dasar dikembangkan melalui pemilihan strategi pembelajaran yang meliputi pembelajaran tatap muka dan pengalaman belajar. Pengalaman belajar merupakan kegiatan fisik maupun mental yang dilakukan peserta didik dalam berinteraksi dengan  bahan  ajar.  Pengalaman  belajar  dilakukan  oleh  peserta didik untuk menguasai kompetensi dasar yang telah ditentukan.

Pengalaman belajar hendaknya juga memuat kecakapan hidup (life skill) yang harus dimiliki oleh peserta didik. Secara umum ada dua macam kecakapan hidup (life skill), yaitu general life skill dan specific life skill. General life skill dibagi menjadi dua, yaitu personal skill (kecakapan personal) dan social skill (kecakapan sosial).  Kecakapan  personal  itu  sendiri  terdiri  dari self-awarness skill (kecakapan mengenal diri) dan thinking skill (kecakapan berfikir). Specific life skillj uga dibagi menjadi dua, yaitu academic skill (kecakapan akademik) dan vocational skill (kecakapan vokasional/ kejuruan).

Penjabaran Kompetensi Dasar, dan Hasil Belajar Menjadi Indikator

Indikator merupakan kompetensi dasar secara spesifik yang dapat dijadikan ukuran untuk mengetahui ketercapaian hasil pembelajaran. Indikator  dirumuskan  dengan  kata  kerja  operasional  yang  bisa diukur dan dibuat instrumen penilaiannya. Seperti halnya standar kopetensi, kompetensi dasar, dan hasil belajar, sebagian dari indikator telah ditentukan oleh Depdiknas.

Penjabaran Indikator ke dalam Instrumen Penilaian

Indikator  dijabarkan  lebih  lanjut  ke  dalam  instrumen  penilaian yang meliputi jenis tagihan, bentuk instrumen, dan contoh instrumen. Setiap indikator dapat dikembangkan menjadi tiga instrumen penilaian yang meliputi ranah kognitif, psikomotor, dan afektif.

Jenis Tagihan

Seperti  telah  dikemukakan  terdahulu  bahwa  jenis  tagihan  yang dapat  digunakan  antara  lain:  Kuis,  Pertanyaan  Lisan,  Ulangan Harian, Ulangan Blok, Tugas Individu, Tugas Kelompok, Responsi atau Ujian Praktik, Laporan Kerja Praktik dan lain-lain.

Bentuk  Instrumen  Tes

Seperti telah dikemukakan di depan, bentuk instrumen tes yang dapat digunakan, antara lain: Pilihan Ganda, Uraian objektif, Uraian Non-objektif/Uraian Bebas, Jawaban Singkat atau Isian Singkat, Menjodohkan. Performans, Portofolio dan lain-lain.

Menentukan  Alokasi  Waktu

Alokasi waktu adalah perkiraan berapa lama peserta didik mempelajari suatu materi pelajaran. Untuk menentukan alokasi waktu, prinsip yang perlu diperhatikan adalah tingkat kesukaran materi, cakupan materi,  frekuensi  penggunaan  materi  baik  di  dalam  maupun  di luar kelas, serta tingkat pentingnya materi yang dipelajari.

Sumber/Bahan/Alat

Istilah sumber yang di gunakan di sini berarti buku-buku rujukan, referensi  atau  literature,  baik  untuk  menyusun  silabus  maupun mengajar. Sedangkan yang dimaksud dengan bahan dan alat adalah bahan-bahan dan alat-alat yang diperlukan dalam praktikum atau proses pembelajaran lainnya. Bahan dan alat di sini dapat bervariasi sesuai  dengan  karakteristik  mata  pelajarannya.

Baca Artikel Lainnya

Mekanisme Reaksi Eliminasi E1 (Unimolekuler) & Reaksi Eliminasi E2 (Bimolekuler)

Reaksi Eliminasi Reaksi eliminasi adalah reaksi organik ketika dua substituen dilepaskan dari suatu molekul substrat membentuk ikatan rangkap. Pada sebagian besar reaksi eliminasi organik, di mana sepasang atom atau kelompok

Laporan Praktikum Anorganik: Aluminium Dan Senyawa-Senyawanya

Tujuan Percobaan  Mempelajari sifat-sifat logam aluminium dan senyawa-senyawanya Landasan Teori Tahun 1809 Aluminium ditemukan oleh Sir Humphrey dalam sebagai suatu unsur dan pertama kali direduksi sebagai logam oleh Oersted. Secara

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Materi Termokimia Sistem Online

Mata Pelajaran: Kimia Materi : Termokimia Kelas / Semester : XI/Ganjil Alokasi Waktu: 1 x 25 menit  (1 Pertemuan) Tujuan Pembelajaran Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui daring menggunakan google meet

Pembelajaran Quantum Learning: (Prinsip-Prinsip, karakteristik, Manfaat, dan Metode Pembelajaran Quantum Learning)

Pembelajaran kuantum merupakan terjemahan dari bahasa asing yaitu quantum learning. Quantum Learning adalah kiat, petunjuk, strategi dan seluruh proses belajar yang dapat mempertajam pemahaman dan daya ingat, serta membuat belajar

Manfaat Dan Pentingnya Penggunaan Sunscreen Pada Tubuh

Paparan sinar matahari adalah hal yang tak terhindarkan dalam kehidupan sehari-hari kita. Meskipun sinar matahari memiliki manfaat penting, seperti memberikan vitamin D yang esensial bagi tubuh kita, paparan berlebihan dapat

Jenis-Jenis Pencemaran Logam Berat: Kromium (Cr), Besi (Fe), Seng (zn), Tembaga (Cu), Cadmium (Cd), Timbal (Pb)

Pencemaran Logam Berat Industri merupakan salah satu tempat untuk memproduksi suatu produk dan mempunyai banyak manfaat bagi manusia. Selain manfaat yang dihasilkan, industri juga menghasilkan produk samping berupa limbah yang