Table of Contents

Apa yang Dimaksud Pencucian Hara dan Bagaimana Prosesnya?

Kesuburan tanah merupakan kemampuan tanah dalam menyediakan unsur hara dengan takaran dan keseimbangan untuk menunjang suatu jenis tanaman pada lingkungan dengan faktor pertumbuhan lainnya yang menguntungkan. Di dalam tanah yang subur terdapat unsur hara termasuk kation-kation basa yang dapat dimanfaatkan oleh tanaman. Unsur hara dalam tanah akan diserap oleh akar tanaman. Unsur hara yang dibutuhkan dalam jumlah besar oleh tanaman yaitu kation basa, seperti Ca2+, Mg2+, K+, dan Na+, karena merupakan unsur hara makro esensial. Kation-kation basa ini mudah mengalami pencucian. Kation basa yang berikatan dengan permukaan agregat tanah mudah mengalami pertukaran dengan kation lain. Ketersediaan unsur hara dalam tanah sangat dibutuhkan oleh tanaman. Namun ketika sebagian besar hara tidak diserap tanah dan diserap tanaman, maka jumlahnya dalam ekosistem tanah akan berkurang dan berpotensi tercuci. Sedangkan suatu tanah yang belum mengalami pencucian mempunyai kejenuhan basa yang tinggi dan merupakan tanah yang subur.

Pencucian unsur hara sendiri yaitu hilangnya substansi yang terlarut dan koloid dari lapisan atas tanah karena perkolasi air gravitasi. Pada pencucian ini akan mengakibatkan hilangnya unsur hara tanaman yang larut dalam air dan tanah, akibat hujan, irigasi, dan erosi. Pencucian turut membawa serta partikel halus dan kation basa dan mengendapkannya di lapisan bawah. Pencucian kation basa menyebabkan tanah yang ada di lapisan atas menjadi masam karena kejenuhan H+ atau ion masam lainnya. Sehingga, pencucian yang intensif menyebabkan penurunan kesuburan tanah. Pencucian sejumlah hara akan menimbulkan berbagai masalah lingkungan seperti eutrofikasi.

Pencucian dapat terjadi jika terdapat perbedaan tekanan air antara lapisan atas dan lapisan bawah. Lapisan atas yang jenuh air memiliki tegangan rendah, sehingga air bergerak ke bawah karena gaya gravitasi. Perpindahan air ke bawah membawa material terlarut keluar dari tanah lapisan atas. Bila substansi tersebut hilang dari daerah perakaran maka terjadi pencucian. Pencucian kation basa dapat menyebabkan kemasaman tanah. hal ini karena basa-basa yang berada dalam larutan tanah ikut tercuci ke bawah meninggalkan ion H+ dan ion-ion yang bersifat masam lainnya, seperti Al dan Fe.

Mobilitas unsur-unsur hara beragam dari tanah satu ke tanah lainnya, tergantung pada jenis vegetasi dan bahan induk serta karakteristik pencucian unsur-unsur hara yang khas menurut lokasinya. Penelitian tentang pergerakan unsur-unsur hara pada daerah tropis masih terbatas. Informasi mengenai besaran jumlah massa ion-ion hara dalam tanah sangat diperlukan. Oleh karena itu, kajian dasar mengenai jumlah kation dan anion dalam larutan tanah perlu dilakukan untuk menduga status kesuburan tanah dan ketersediannya terhadap tanaman. Lebih lanjut, perlu dilakukan evaluasi terhadap hubungan kation dan anion pada ekosistem tanah.

Untuk menjaga ketersediaan kation basa pada daerah perakaran atau tanah lapisan atas, maka diperlukan pengelolaan tanah dan tanaman yang baik. Pengelolaan tanah dan tanaman yang dapat dilakukan antara lain pengelolaan irigasi agar air yang diberikan tidak berlebih sehingga menjadi air gravitasi dan mengalami perkolasi dengan membawa kation basa. Selain itu, menanam tanaman penutup tanah untuk menjaga kelembaban tanah. Dan menambah bahan organik tanah yang berfungsi untuk memperbaiki sifat fisik tanah dan menambah muatan negatif sehingga dapat mengikat kation dalam kompleks jerapannya.

Baca Artikel Lainnya

Perbedaan Metode Pembelajaran Demonstrasi, Praktikum, dan Eksperimen

Metode Demontrasi Metode Demonstrasi ialah metode mengajar dengan menggunakan peragaan untuk memperjelas suatu pengertian atau untuk memperlihatkan bagaimana berjalannya suatu proses pembentukan tertentu pada siswa. Contoh aplikasi pada pembelajaran Kimia

Mengenal Kelebihan dan Kelemahan Berdirinya Industri Sebagai Pendorong Pertumbuhan Ekonomi Suatu Negara

Industri adalah sebuah sektor ekonomi yang bertanggung jawab untuk pengolahan bahan mentah menjadi produk jadi melalui proses pembuatan. Industri dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, seperti industri manufaktur, industri pengolahan, industri

6 Perpaduan Warna Outfit Kekinian untuk Tampil Stylish

Biru Muda dan Putih Perpaduan klasik ini selalu aman dan memberikan kesan fresh. Cocok untuk berbagai acara, dari kasual hingga semi-formal. Padukan atasan biru muda dengan bawahan putih, atau sebaliknya.

Laporan Praktikum Kimia Analitik Dasar: Penetapan Kadar KIO3 Dengan Metode Iodometri

Tujuan Praktikum a. Mengetahui proses titrasi iodometri b. Menentukan kadar KIO3 dalam garam beriodium Dasar Teori Dalam tubuh terkandung sekitar 25 mg yodium yang tersebar dalam semua jaringan tubuh, kandungannya

Strategi dan Analisis untuk Mendapatkan Keuntungan dari Investasi Saham

Saham merupakan salah satu instrumen investasi yang populer dan menawarkan potensi keuntungan yang tinggi. Namun, untuk mendapatkan keuntungan dari saham, seseorang harus memiliki pengetahuan yang cukup, melakukan analisis yang tepat,

6 Penyanyi Solo Wanita Indonesia Paling Populer di Tahun 2024

Industri musik Indonesia selalu diramaikan dengan talenta-talenta baru yang bermunculan. Di antara para penyanyi solo wanita, beberapa nama berikut ini berhasil mencuri perhatian dan menjadi yang terpopuler di tahun 2024: