Table of Contents

5 Destinasi Wisata Estetik di Kabupaten Semarang

Dusun Semilir

Dusun Semilir di Semarang adalah pilihan tepat untuk liburan Anda, baik bersama pasangan, teman, maupun keluarga. Tempat wisata ini menawarkan konsep “one stop destination”, di mana Anda bisa menemukan berbagai wahana bermain, spot foto instagramable, tempat kuliner, tempat belanja, dan bahkan penginapan dalam satu area.

Harga tiket masuknya pun terjangkau, sehingga Anda bisa menikmati liburan yang menyenangkan tanpa perlu merogoh kocek terlalu dalam. Harga tiket masuk Dusun Semilir Semarang bervariasi tergantung hari:

  • Weekday (Senin-Jumat): Rp 30.000 per orang
  • Weekend (Sabtu-Minggu) dan Hari Libur Nasional: Rp 40.000 per orang

Harga tiket ini hanya untuk masuk ke area wisata dan belum termasuk biaya wahana, sebagai contoh Omah Dolanan mulai dari Rp 5.000 dan Human Claw Machine Rp 40.000.

Dusun Semilir Semarang buka di jam berikut:

Weekday pukul 09.00 – 18.00 WIB
Weekend pukul 08.00 – 19.00 WIB

Taman Bunga Celosia

Terletak di lereng kaki Gunung Ungaran, Kabupaten Semarang, Taman Bunga Celosia telah menjadi primadona bagi para wisatawan yang mendambakan ketenangan dan keindahan alam. Pemandangan khas pegunungan yang memesona dan iklim sejuk menyambut para pengunjung, menghadirkan pengalaman wisata yang tak terlupakan.

Taman Bunga Celosia menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Semarang karena menawarkan keindahan alam dan berbagai spot foto menarik dengan harga tiket yang ramah di kantong.

Harga tiket masuk Taman Bunga Celosia:

  • Weekday (Senin-Jumat): Rp 20.000 per orang
  • Weekend (Sabtu-Minggu) dan Hari Libur Nasional: Rp 25.000 per orang

Harga tiket tersebut sudah termasuk akses ke berbagai spot foto favorit di taman. Namun, perlu diingat bahwa tiket ini belum termasuk biaya wahana permainan, persewaan hanbok, dan kuliner.

Taman Bunga Celosia buka setiap hari dari pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo menawarkan wisata sejarah dan budaya yang menarik dengan panorama alam yang indah. Suasana di Candi Gedong Songo sangatlah sejuk karena terletak di area pegunungan. Pengunjung dapat merasakan kesegaran udara alami sambil menikmati keindahan candi dan pemandangan sekitarnya.

Jarak antar candi yang cukup berjauhan mungkin menjadi tantangan bagi beberapa pengunjung. Namun, tidak perlu khawatir! Bagi yang ingin menghemat tenaga, tersedia jasa sewa kuda yang dapat mengantarkan Anda berkeliling kompleks candi dengan nyaman.

Harga Tiket Masuk:

  • Wisatawan Domestik: Rp 15.000 per orang
  • Wisatawan Mancanegara: Rp 75.000 per orang

Jam Operasional:

  • Setiap hari: 07.00 – 16.00 WIB

Sewa Jasa Menunggang Kuda:

  • Harga: Rp 70.000 – Rp 110.000 per orang
  • Harga tergantung jarak tempuh:
    • Candi I – Candi II: Rp 70.000
    • Candi I – Candi VI: Rp 110.000

Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti merupakan objek wisata alam pegunungan yang terletak di Desa Sidomukti Jimbaran, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Berada di lereng Gunung Ungaran dengan ketinggian 1200 mdpl, Umbul Sidomukti menawarkan hawa dingin dan udara yang sangat menyegarkan.

Ikon wisata ini terletak pada kolam renang dari mata air alami yang airnya dingin dan segar. Pengunjung dapat berenang di kolam ini untuk meredakan panas dan menikmati sensasi kesegaran air pegunungan. Selain itu kawasan wisata ini juga menyediakan penginapan, play ground, camping ground, permainan outbond dan fasilitas berkumpul di dalam areanya.

Harga Tiket Masuk:

  • Kolam Renang:
    • Weekday: Rp 10.000 per orang
    • Weekend: Rp 15.000 per orang
  • Wahana:
    • ATV: Rp 50.000
    • Flying Lembah: Rp 30.000
    • Flying Double: Rp 50.000
    • Marine Bridge: Rp 20.000
    • Highest Triangle: Rp 50.000

Jam Buka:

  • Setiap Hari: 09.00 – 21.00 WIB

Saloka Theme Park

Saloka Theme Park hadir sebagai taman rekreasi tematik keluarga yang mengangkat budaya dan kearifan lokal Jawa Tengah. Terletak di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Saloka menawarkan berbagai wahana seru dan menarik bagi pengunjung dari segala usia.

Saloka memiliki lebih dari 25 wahana permainan yang seru dan menantang, seperti Lika-Liku, Cakrawala, Boom-Boom Car, Pakubuwono Ride, dan masih banyak lagi. Wahana-wahana ini terbagi menjadi beberapa zona, yaitu Zona Pesisir, Zona Balalantar, Zona Segara Prada, Zona Ararya, dan Zona Kamayayi.

Saloka menghadirkan berbagai pertunjukan menarik yang menampilkan budaya dan kesenian Jawa Tengah, seperti Tari Gambyong, Wayang Kulit, dan Sendratari Ramayana. Pertunjukan ini diadakan di panggung utama Saloka dan dapat disaksikan secara gratis oleh pengunjung.

Harga Tiket Masuk Saloka Theme Park:

  • Weekday (Senin-Kamis): Rp 120.000 per orang
  • Weekend (Jumat-Minggu & Libur Nasional): Rp 150.000 per orang
  • Lansia (60 tahun ke atas): Rp 50.000 per orang

Jam Buka Saloka Theme Park:

  • Setiap Hari: 10.00 – 18.00 WIB

Baca Artikel Lainnya

Apa yang Dimaksud Pencucian Hara dan Bagaimana Prosesnya?

Kesuburan tanah merupakan kemampuan tanah dalam menyediakan unsur hara dengan takaran dan keseimbangan untuk menunjang suatu jenis tanaman pada lingkungan dengan faktor pertumbuhan lainnya yang menguntungkan. Di dalam tanah yang

Makalah Reaksi Substitusi SN2: Mekanisme Reaksi SN2, Kestabilan Reaksi SN2, Kinetika SN2, Dan Stereokimia SN2

Substitusi Nukleofilik Reaksi substitusi nukleofilik adalah reaksi ketika suatu nukleofil secara selektif menyerang suatu molekul bermuatan positif atau parsial positif. Saat hal tersebut terjadi, nukleofil akan menggantikan gugus pergi. Pada

Metode Fitoremediasi: Metode Analisis dan Parameter yang Digunakan untuk Mengukur Proses Fitoremediasi

Metode Analisis dan Parameter Tahap awal yang dilakukan sebelum proses fitoremediasi maupun analisis tanaman air dalam metode fitoremediasi yaitu dilakukan aklimatisasi tanaman air. Aklimatisasi ini bertujuan untuk proses penyesuaian tanaman

Pengertian, Prinsip Dasar, Komponen-Komponen dan Cara Kalibrasi pH Meter

Pengertian dan Prinsip Dasar pH Meter Instrumen pH meter adalah peralatan laboratorium yang digunakan untuk menentukan pH atau tingkat keasaman dari suatu sistem larutan. (Beran, 1996). Pada prinsipnya pengukuran suatu

Laporan Praktikum Spektrofotometri Uv: Penentuan Asam Benzoat Dalam Minuman Kemasan

Tujuan Mahasiswa mampu dan terampil menggunakan spektrofotometer UV-Vis untuk menentukan kandungan asam askorbat dalam suatu sampel cair. Landasan Teori Perkembangan industri pangan dan minuman di Indonesia dari tahun ke tahun

Analisis Bahan Tambahan Pangan (BTP): Analisis Bahan Pengawet Pada Bahan Pangan

Bahan Tambahan Pangan (BTP) adalah bahan yang biasanya tidak digunakan sebagai makanan dan biasanya bukan merupakan komponen khas makanan, mempunyai atau tidak mempunyai nilai gizi, yang dengan sengaja ditambahkan ke